Jalan

Selamat Datang di Blog kami Terima kasih atas kunjungannya

Rabu, 18 Mei 2011

Perjalanan menuju puncak

Cerita ketika kalendar menunjukkan medio bulan Agustus 2001, ketika itu kita dari Pecinta alam Edna Georgiana bermaksud menghabiskan waktu malam untuk bisa mengikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI di puncak Gunung Merapi. Bagi kita anak PA sangat membanggakan bila bisa mengikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI di puncak Merapi. Kita take off ke TKP pukul 09.00 WIB berangkat dari Base Camp kita di Jl. Kumudasmoro V, Bongsari, Semarang Barat naik bus arah Boyolali. Pukul kurang lebih 12.00 WIB kita sampai di Terminal Boyolali, istirahat sebentar sambil menikmati wedang ronde. Setelah istirahat sebentar kita langsung cabut naik Mini bus arah Magelang, kemudian turun di desa Selo, Boyolali.

Sempai di desa terakhir kita kemudian langsung menuju kerumah warga yang biasa untuk disewakan sebagai base camp sebelum kita mendaki gunung Merapi. sesampai di desa tersebut hari sudah sore, Matahari sudah mulai malu menampakkan wajahnya yang bulat, tabir diufuk timur juga mulai berubah ronanya. menunjukkan hari sudah menginjak Maghrib.

Kita serombongan nginap di salah satu rumah warga dan sudah banyak teman2 dari PA lain yang juga sudah datang di tempat ini. sambil mempersiapkan segala seuatu untuk pendakian, kita istirahant sambil bercanda dengan teman2. Ketika waktu sudah menunjukkan pukul 23.00 WIB, kita bersiap - siap untuk melakukan pendakian malam hari. sebelum berangkat seperti biasa kita melakukan ritual berdo'a menurut agama kita masing2. setelah itu kita take off ke TKP dengan diiringi hawa gunung yang menusuk tulang.

Kita berjalan beriringan seperti ular yang sedang mencari mangsa di malam hari. setiap pos kita lewati dengan selamat, walaupun pada dinginnya malam itu, tapi badan kita basah oleh keringat. dengan semangat 45 kita selalu berdo'a agar dalam perjalanan selamat sampai puncak Merapi. Ketika Jam menunjukkan pukul 04.00 WIB pagi hari kita sampai di Pasar Setan, suatu kawasan yang luas dan tampak hanya bongkahan batu besar. disela semilir angin gunung yang sangat dingin kita beristirahat untuk mengumpulkan tenaga, sebab apabila kita langsung mendaki dipuncak dikawatirkan kita kena longsoran batu dari atas. setelah suasana bisa dilihat dengan mata, kita mulai mendaki puncak yang sudah kelihatan atasnya.
Sekitar jam 06.00 WIB kita dari PA Edna Georgiana berhasil menapakkan kaki di puncak Garuda dan selanjutnya melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI dengan PA lainnya.Alhamdulillah......